Selasa, 15 Maret 2011


Nama nya melejit saat mengeluarkan album pertamanya yang berjudul "self titled" . Disini saya akan menguraikan biograpy tentang LENKA dan saya mengukitip dari sumber sony music :
Namanya Lenka Kripac. Sahabat pertamanya adalah pepohonan. Ayahnya adalah seorang pemain terompet dan ia pertama kali bernyanyi bersama ayahnya saat masih duduk di bangku grade 6. Walaupun ayahnya seorang musisi Jazz, awal bermusik Lenka justru dimulai dengan belajar musikal secara intensif. “Aku dipaksa untuk bermain terompet dan piano. Sejujurnya aku tidak suka” kata Lenka. Orang tuanya mengatakan kuping Lenka akan ditindik sebagai hukuman jika ia mendapat nilai B saat ulangan seni musik. Saat Lenka benar-benar mendapat nilai B, telinganya benar ditindik.

Keluarga Lenka adalah orang hippies. Ayahnya membangun sebuah rumah di pantai selatan New South Wales. Angin semilir, pohon-pohon yang rindang, suasana yang asri dan dekat dengan alam itu adalah dunia yang dicintai Lenka dan menjadi sumber inspirasinya. Walau pada akhirnya ia sekeluarga pindah ke Sydney saat Lenka berumur 7 tahun, Lenka tidak dapat melupakan kota masa kecilnya.

Di sekolahnya yang baru, Lenka belajar banyak hal. Ia belajar teater dan dansa. Saat menginjak masa semaja, Lenka tergila-gila dengan dunia akting, ia mengenyam pendidikan di Blanchett, sebuah sekolah teater di Australia yang dikhususkan untuk anak muda. Lenka menjadi aktris remaja yang mendapat binaan khusus dari Cate Blanchett. Tak heran jika pengalaman akting Lenka cukup banyak mulai dari teater, acara televisi, hingga film indie. Lenka kemudian melanjutkan pendidikannya di sebuah perguruan tinggi bidang kesenian. Untuk mengasah bakat tarik suaranya, Lenka bergabung dengan band Decoder Ring sebagai vokalis sekaligus pemain keyboard. Band ini membuat album berjudul Somersault, dimana menjadi soundtrack untuk film berjudul sama. Album tersebut menyabet banyak penghargaan. Orang-orang lantas menjuluki Lenka sebagai penyanyi bersuara lembut. Lenka bersama Decoder Ring kemudian ikut rekaman album kedua sebelum akhirnya ia memutuskan untuk bersolo karir.

Lenka sempat ditawari rekaman oleh sejumlah label, namun akhirnya ia memilih gabung dengan Epic. Saat aku menjelaskan visi dan misis berkarirku, ternyata mereka sejalan. Pihak Epic mengatakan “kami ingin membantu mewujudkan mimpimu” Lenka lantas menjawab “Mereka adalah major label. Namun punya filosofi layaknya Indie”.

Lenka terbang ke Los Angeles untuk fokus dalam studio rekaman membuat album solonya yang dirilis pada bulan September. Singlenya disertai video klip dengan adegan ia sedang terbang seperti di film Peter Pan. Lenka menulis langsung kesebelas lagu di dalam albumnya. Simak saja hits single andalannya The Show dan Trouble is A Friend.

Banyak orang yang menyukai lagunya dan menjadikan lagu-lagu Lenka sebagai soundtrack mulai dari serial Ugly Betty dan Grey’s Anatomy. Lenka berhasil menyabet penghargaan dalam VH1 untuk kategori You Oughta Know Artist hingga Single of the Week versi iTunes. Lenka menjuluki dirinya sebagai ‘gypsy’ yang berpindah-pindah dari Amerika, Eropa dan Australia. Sekarang ia pindah dan menetap di Los Angeles, dan tak lama lagi akan pindah ke Berlin, Jerman.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts