Selasa, 15 Maret 2011


Ternyata busi bisa menjadi petunjuk kondisi mesin. berikut ini adalah beberapa kondisi ujung elektroda busi yang sering terjadi.

1. NORMAL
Elektroda busi yang pembakaran nya normal biasanya berwarna abu-abu terang atau coklat kemerahan. dapat dipastikan kondisi mesin, setingan mesin, waktu pengapian dan type busi dalam keadaan sempurna dan sesuai dengan keadaan pabrik.

2. BANYAK ABU HITAM
Pada ujung insulator, elektroda dan busi tertutup abu sisa pembakaran yang kering tapi lembut. penyebab nya setelan angin nggak pas, campuran bensin terlalu boros, saringan udara tersumbat, cuk macet, tipe busi yang di pake terlalu panas, tegangan koil pengapian kurang, dan juga dapat disebabkan karena rendah nya kompresi. Akibat nya asap knalpot hitam ( mirip mesin diesel), bensin jadi terlalu boros, susah di starter waktu mesin masih dingin. Solusinya periksa setelan angin, posisi jarum skep, seluruh saluran angin di karburatos, ganti busi yang sesuai, periksa cuk, bersihkan saringan udara.

3. ARANG HITAM BASAH
Ujung insulator, elektrode dan busi tertutup lapisan oli warna hitam yang agak basah. Penyebab nya terjadi kebocoran ruang bakar sehingga oli naik ke ruang bakar, tekanan oli naik ke ruang bakar, tekanan oli terlalu tinggi, permukaan silinder oblak, katup dan bos katup aus, jumlah oli mesin melebihi kapasitas, campuran oli samping dan bensin nggak pas (untuk 2 tak), tekanan udara di bak oli terlalu tinggi. Akibat nya pembakaran tidak sempurna, busi cepat mati, mesin susah hidup, bensin boros dan tenaga mesin lowo. Solisnya wajib turun mensin, periksa oli (untuk 2 tak), ganti busi baru, periksa selang pernapasan blok oli.

4. LAPISAN KUNING BASAH
Ujung insulator menunjukan warna kuning agak coklat muda, kadang muncul warna hijau rada basah. penyebc nya bensin dan oli tercemar bahan lain seperti air atau pemakaian fuel additive yang nggak cocok. Akibatnya mesin tersendat dan lambat berakselerasi. kondisi busi seperti ini menyebabkan misfiring ( knalpot meledak-ledak karena bahan bakar tidak terbakar habis). solusinya seting kembali campuran bahan bakar, ganti aditif dan busi baru. Dalam hal ini penggunanaan kembali busi lama yang dibersihkan tidak di sarankan, karena biasanya terdapat arang di sela busi.

5. KERAK BERLEBIH
Kerak berwarna putih mengeras lalu bertumpuk di insulator dan elektrode. bentuk elektrof berubah. sekeliling inslutor warna kehitaman. penyebabnya naiknya serbuk besi hasil pergesekan yang di bawa oli keruang bakar, adanya benda asing berukuran yang masuk ruang bakar. akibatnya suara mesin agak kasar, silinder tergores, oli cepat kotor.solusinya setel kembali mesin, kuras dan ganti baru seluruh oli mesin. saat pergantian busi, lubang busi dan katup gas karburator harus tertutup agar terlindung dari masuknya kotoran ke dalam silinder.


6. MESIN PANAS
Kondisi mesin overhated di tandai fngan makin menipisnya insulator dan elektrode masa, ada bintik-bintik kecil dan membentuk bunga karang kecil berwarna abu2. penyebnya waktu pengapian terlalu maju. distributor aus, pasokan bahan bakar miskin dan pemakaian busi tidak tepat (busi panas), nilai oktan bahan bakar terlalu tinggi serta mesin pendingin tidak berfungsi secara sempurna. akibatnya mesin ngelitik, tenaga mesin berkurang. bila di biarkan mesin akan jebol. solusinya cek kembali sistem waktu pengapian berikut campuran bahan bakar , ganti busi baru sesuai rekomendasi pabrik, perbaiki sistem pendingin. jangan menunggunakan minyak tanah untuk membersihkan ruangan mesin terutama bak oli, meskipun harus, keringkan dulu sebelum dipasang.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts